Kinerja Bagian Hubungan Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Yang Berkualitas (Studi Pada Pdam Kota Malang)

Authors

  • Mahesa Yudistiranti Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: The Performance Part of The Customer Relationship Area Drinking Water Company (PDAM) in Implementing a Quality Service (A Study on PDAM Malang City). As is well known that the need for clean water is increasing. That impact also on the growing number of customers each year. So in this case the need for good quality performance, especially on Section Customer Relation. Because the part is the part that interact directly with customers. The location research on PDAM office Malang City. The research objective is to analyze the overall performance along with inhibiting factors and supporters. The research method is descriptive qualitative approach. The result is a performance that is in part still not running optimally. This is because there is a lack in terms of indicators and infrastructure and their human resource. Advice can be given is it needs to be an increase in employees in terms of quantity and complete supporting facilities for customers.

 

Keywords: performance, PDAM (Area Drinking Water Company)

Abstrak: Kinerja Bagian Hubungan Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dalam Penyelenggaraan Pelayanan yang Berkualitas (Studi pada PDAM Kota Malang). Seperti yang telah diketahui bahwa kebutuhan air bersih masyarakat semakin meningkat. Hal tersebut berdampak juga pada jumlah pelanggan yang menjadi bertambah setiap tahunnya. Sehingga dalam hal ini perlu adanya kualitas kinerja yang baik, utamanya pada Bagian Hubungan Pelanggan. Karena bagian tersebut merupakan bagian yang bersinggungan langsung dengan pelanggan. Lokasi penelitian pada kantor PDAM Kota Malang. Tujuan penelitian ialah untuk menganalisis kinerja secara keseluruhan beserta faktor penghambat dan pendukung. Metode penelitiannya yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasilnya adalah kinerja yang ada di bagian tersebut masih belum berjalan optimal. Hal ini disebabkan terdapat kekurangan dari segi indikator sarana dan prasarana beserta sumber daya manusianya. Saran yang dapat diberikan yaitu perlu adanya peningkatan pegawai dari segi kuantitas dan melengkapi fasilitas pendukung bagi pelanggan.

 

Kata Kunci: kinerja, PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum)

Published

2015-09-20

Issue

Section

Articles