Hubungan Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pustakawan (Studi Pada Pustakawan di Perpustakaan Universitas Negeri Malang dan Perpustakaan Universitas Brawijaya)

Authors

  • Laila Rifa'atul Azizah Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang

Abstract

Abstract: The Relations of Education and Training Toward Performance of Librarians (Study of Librarians at Library of Malang State University and Library of Brawijaya University). One way that can be done by the management of libraries in improving the quality and performance of librarians is to provide education and training to the librarians. The aim of this research is to explain the partial and the simultaneous correlation between the factors of education and training methods; the type of education and training; as well as educational and training materials on the performance of the librarian of the librarians at Library of Malang State University and Library of Brawijaya University. The data were obtain from questionnaire the population is the whole librarians at the Library of Malang State University and Library of Brawijaya University totaling 37 respondents and all of them are taken as sample. From the results of research, it is known that method, types, and materials of education and training have significant relationships simultaneously on the performance of the librarian. Partially, educational and training methods doesn’t have significant relationship to the performance of the librarian. The types of education and training doesn’t have partial relationship on the performance of the librarian. While educational and training materials doesn’t have partial significant relationship to the performance of the librarian.

Keywords: education and training, performance of the librarian

 

Abstrak: Hubungan Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pustakawan (Studi pada pustakawan di Perpustakaan Universitas Negeri Malang dan Perpustakaan Universitas Brawijaya). Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh manajemen perpustakaan dalam rangka meningkatkan kualitas serta kinerja dari pustakawan adalah dengan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (diklat) bagi para pustakawannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan korelasi secara parsial dan simultan antara faktor-faktor metode pendidikan dan pelatihan; jenis pendidikan dan pelatihan; serta materi pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja pustakawan pada pustakawan di Perpustakaan Universitas Negeri Malang dan Perpustakaan Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan datanya dengan populasi seluruh pustakawan pada Perpustakaan Universitas Negeri Malang dan Perpustakaan Universitas Brawijaya yang berjumlah 37 responden dan diambil semua sebagai sampel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa metode, jenis, serta materi pendidikan dan pelatihan memiliki hubungan yang signifikan secara simultan terhadap kinerja pustakawan. Secara parsial metode pendidikan dan pelatihan tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap kinerja pustakawan. Jenis pendidikan dan pelatihan tidak memiliki hubungan secara parsial terhadap kinerja pustakawan. Sedangkan materi pendidikan dan pelatihan tidak memiliki hubungan yang signifikan secara parsial terhadap kinerja pustakawan.

 

Kata Kunci: pendidikan dan pelatihan, kinerja pustakawan

Published

2015-09-20

Issue

Section

Articles