ANALISIS PELAYANAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN BERBASIS ELECTRONIC GOVERNMENT (Studi Tentang Penerapan Aplikasi SISMIOP di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Lamongan)
Abstract
Abstract: An Analysis Of Land And Building’s Tax Based On E-Government (The Study Of SISMIOP Application Implementation In Income Territory Department Of Lamongan Area). Tax service was the one of public service that needed by the society. It needed because it was a national obligation to pay the tax. One of the tax servicing was land and building’s tax in a village and town which begin at 2014 and change intoterritory tax. Based on that case, territory department of Lamongan make a land and building’s taxbased on e-government service named E-PBB. This land and building’s tax service was encoding the data, rating, determining, administrating, collecting/pressing a claim, and paying a land and building’s tax based on an Information System Of Management Tax Object Application (SISMIOP). The result of this research showed that the quality of land and building’s taxbased on e-government in income territory department of Lamongan area generally was good. We can see to the five indicators used, there was only an indicator need to revise, that was reliability.
Keywords: Service quality, E-PBB, Tax service, Lamongan area.
Abstrak: Analisis Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan Berbasis Electronic Government (Studi Tentang Penerapan Aplikasis SISMIOP di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Lamongan). Pelayanan pajak merupakan salah satu pelayanan publik yang dibutuhkan masyarakat untuk melaksanakan kewajibanya sebagai warga negara untuk membayar pajak. Salah satu jenis pelayanan pajak yaitu pelayanan pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan yang mulai tahun 2014 dialihkan menjadi pajak daerah. Berdasarkan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Lamongan kemudan menciptakan pelayanan pajak bumi dan bangunan berbasis e-government yang disebut dengan E-PBB. Pelayanan pajak bumi dan bangunan berbasis e-government ini merupakan pelayanan pendataan, penilaian, penetapan, pengadministrasian, pemungutan/ penagihan, dan pembayaran pajak bumi dan bangunan yang berbasis aplikasi Sistim Informasi Manajemen Obyek Pajak (SISMIOP). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kualitas pelayanan pelayanan pajak bumi dan bangunan berbasis e-government yang ada di Dinas Pendapatan daerah Kabupaten Lamongan dapat dikatakan baik. Dari lima indikator yang ada, salah satu indikator yang perlu diperbaiki yaitu reliability.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, E-PBB, Kabupaten Lamongan, Pelayanan Pajak