IDENTIFIKASI WASTE DI INSTALASI FARMASI YANG MEMPENGARUHI CAPAIAN WAKTU TUNGGU LAYANAN RESEP RAWAT JALAN
Abstract
Patient complaints and dissatisfaction with outpatient prescription services at Jember Klinik Hospital in 2023 contradict the achieved quality indicators. To identify and address pharmacy waste factors affecting outpatient prescription waiting time for improved service efficiency. This study is a descriptive research, and the data were obtained using the time and motion study method on outpatient prescriptions at Jember Klinik Hospital in September 2023. The observed NVA data accounts for 67.7% of the total waiting time. Identified wasteful steps include SIMRS input, Apotek online verification, and submission of prescriptions to the basket. Hospitals need to develop bridging system of Apotek Online and SIMRS as a best solution.
References
Aryani, F., Anggraini, D., Yani, N. (2014). Evaluasi Mutu Pelayanan Kefarmasian Kategori Waktu Tunggu Pelayanan Resep di Depo Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Pekanbaru. Kartika-Jurnal Ilmiah Farmasi. 2014;1:4–9.
Batubara, A. R. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan pada Instalasi Farmasi di Rumah Sakit Umum Cut Meutia Aceh Utara. Jurnal Rekam Medic. 2(1),
–12.
doi: https://doi.org/10.33085/jrm.v2i1.4188
Bustamin. (2011). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya. Erlangga. Jakarta
Darmawan, HTIR., Thabrany, H. (2017). Refleksi implementasi Jaminan Kesehatan Nasional pada pelayanan kedokteran gigi di fasilitas kesehatan tingkat pertama Kota Tangerang tahun 2017. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia: JKKI. 6(4)
Hardjanti. I., W. Faramita N., I. Hartojo. H. (2016). Pengembangan Jenjang Karir sebagai Strategi Mengelola Ketidakpuasan Kerja Perawat di Rumah Sakit. Jurnal Kedokteran Brawijaya. 29(3),285–90.
doi: https://doi.org/10.21776/ub.jkb.2016.029.03.9
Herjunianto., dewanto A. (2014). pengaruh waktu tunggu terhadap wait satisfaction pasien di instalasi rawat jalan RSAL dr. ramelan. Jurnal Aplikasi Manajemen. 12(2),248-257.
Insani, R. I., Sriatmi, A., Fatmasari, E. Y.(2020). Aspek-Aspek Dimensi Waktu Tunggu Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan di Poliklinik Mata RSU William Booth Semarang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa.10(3), 84-86. Juli 2020 ISSN: 2088-8961
Manisha, M., Andriyani, R. D., Ilham, M. A. (2021). Faktor Yang Berhubungan Dengan Waktu Tunggu Pasien Pada Bagian Farmasi Di Rsu. Mitra Medika. Jurnal Kesehatan dan Fisioterapi. 1(1), 89–94.
Noviani, E. D. (2018). Penerapan Lean Manajemen pada Pelayanan Rawat Jalan Pasien BPJS Rumah Sakit Hermina Depok Tahun 2017. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia. 3(3).
Nurjanah, I., Maramis, F., R., Engkeng, S. (2016). Hubungan Antara Waktu Tunggu Pelayanan Resep dengan Kepuasan Pasien di Apotek Pelengkap Kimia Farma BLU Prof. Dr. RD Kandou Manado. Jurnal Ilmiah Farmasi UNSTRAT. 5(1), 362–370.
Suryana, D. (2018). Upaya Menurunkan Waktu Tunggu Obat Pasien Rawat Jalan dengan Analisis Lean Hospital di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RS Atma Jaya. Administrasi Rumah Sakit Indonesia.. 4(2), 14–25.
Wai Yustina. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kategori Lama Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan Di RSUD dr. T.C. Hillers Maumere Bulan Maret 2018’. Jurnal Karya Tulis Ilmiah. Amd.F. Poltekkes Kemenkes Kupang.
Yulianthy (2012). ‘Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Umum Di Farmasi Unit rawat jalan Selatan Pelayanan Kesehatan Sint carolus Tahun 2011’. Tesis, FKM UI, Depok
Zani CM, Moura PK de, dos Santos BM, Saurin TA. (2020). Visual Management in Healthcare: A Systematic Literature Review of Main Practices and Applications. International Joint conference on Industrial Engineering and Operations Management. Springer;177–191.
Zahra Dina, L. S. K. (2015). Penggunaan Konsep Lean untuk Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Instalasi Farmasi Rawat Jalan di Rumah Sakit Anna Medika Bekasi Use of the Lean Concept to Increase The Efficiency of Pharmaceutical Installation Service In Hospital Anna Medika Bekasi. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia. 29-42