Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Dalam Mempertahankan Kelangsungan Usaha UKM (Studi pada Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu )

Authors

  • Dedy Eko Setyo Budi

Abstract

Abstract: SME Development Strategy in maintaining Business Continuity. The research was done because they want to know the strategy of development of Cooperatives, Small and Medium Enterprises, Trade and Industry Batu in performing SME development. So far, the role of government in SME development is still minimal. The method used is descriptive qualitative method Milles Huberman. Background research to see the government's role in the strategic development of Small and Medium Enterprises in a going concern. The results showed small enterprise development strategy through HR Improvement Entrepreneur, Improve Quality, Quantity and Continuity Products, Legal Business Improvement. Medium Enterprise development strategy through the use of Appropriate Technology Optimization, Extend areas of marketing, Improving Access to Capital, Doing Innovation and Diversification Products . Inhibiting factors include Capital Limited, Limited Promotion, price fluctuations of raw materials production processes, lack of competition with new products. Supporting factors include the availability of raw materials, human resources and market, Stone Town is a potential market SME products, the availability of technology.

Keyword : Strategy Development, Small and Medium Enterprises

Abstrak: Strategi Pengembangan UKM dalam mempertahankan Kelangsungan Usaha. Penelitian ini dilakukan karena ingin mengetahui strategi pengembangan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu dalam melakukan pengembangan UKM. Selama ini peran Pemerintah dalam pengembangan UKM masih minim. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif menggunakan metode Milles Huberman. Latar belakang penelitian untuk melihat peran pemerintah dalam strategi pengembangan Usaha Kecil Menengah dalam mempertahankan kelangsungan usahanya. Hasil penelitian menunjukkan Strategi pengembangan Usaha Kecil melalui Peningkatan Kualitas SDM Pelaku Usaha, Meningkatkan Kualitas, Kuantitas dan Kontinuitas Produk, Peningkatan Legalitas Usaha. Strategi pengembangan Usaha Menengah melalui Optimalisasi Penggunaan Teknologi Tepat Guna, Memperluas daerah pemasaran, Meningkatkan Akses Permodalan, Melakukan Inovasi dan Diversifikasi Produk. Faktor penghambat meliputi Keterbatasan Modal, Keterbatasan Promosi, terjadinya fluktuasi harga bahan baku proses produksi, lemahnya persaingan dengan produk baru. Faktor pendukung meliputi Ketersediaan bahan baku, SDM dan pasar, Kota Batu merupakan pasar potensial berbagai produk UKM, ketersediaan teknologi.

Kata kunci: Strategi Pengembangan , Usaha Kecil Menengah

Published

2013-09-20

Issue

Section

Articles